Mengenali Cara Kerja Relay Omron 8 Kaki dan Kode-Kodenya

Relay merek Omron dengan 8 kaki dikenal juga dengan istilah Relay Omron L2Y. Relay ini memiliki 8 kaki dan berfungsi untuk berbagai keperluan. Cara kerja relay Omron 8 kaki pada rangkaian listrik ini biasanya akan sangat pas digunakan untuk komponen alarm maupun genset. Masing-masing kaki pada komponen ini memiliki kode atau simbol yang berbeda. Kode yang ada antara satu kaki dan kaki lainya dibedakan menggunakan angka dari 1 sampai kode angka 8 sebagi penanda.

cara memasang relay 8 kaki,cara memasang relay listrik,harga relay omron 220vac,macam2 relay,rangkaian relay 8 kaki,relay 8 kaki 12v,relay omron 220v,skema relay 8 kaki,
Baca juga : Rotary Encoder

Selain sebagi penanda, kode angka pada kaki relay Omron juga digunakan untuk membedakan fungsi antara satu kaki dengan kaki lainnya. Kode kaki relay Omron akan membedakan fungsi yang terjadi pada posisi yang ada. Pembedaan kode dan penggunaannya akan menentukan apakah kaki relay dalam posisi NO (Normally Open) ataupun dalam posisi NC (Normally Close) maupun posisi CO (Change Over). Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki pada kode kaki relay merek Omron tipe L2Y.
  • Kode angka pada kaki 5 dan 6

Untuk relay Omron kode kaki 5 dan kode kaki 6 memiliki fungsi utama untuk menerima input dari sumber arus.
  • Kode angka pada kaki 3 dan 4

Pada kaki dengan kode angka 3 dan 4 akan menghasilkan out put. Out put yang ada adalah posisi saklar yang menunjukan keadaan NO atau Normally Open.
  • Kode angka pada kaki 1 dan 2

Pada posisi kode 1 dan 2 maka kondisi yang terjadi adalah output yang memiliki posisi NC atau dikenal juga dengan istilah Normally Close.
  • Kode angka 7 dan 8

Pada kode angka ini, cara kerja relay Omron 8 kaki berfungsi sebagi CO (Change Over). Hal ini terjadi ketika ada arus yang mengalir di kode kaki ini.
Untuk pemasangan sumber input pada kode kaki 5 dan kode kaki 6 bisa dilakukan dengan bebas. Dalam artian ketika kabel listrik pada kode ini dipasang terbalik, maka relay akan tetap bekerja sebagaimana mestinya. Hal itu terjadi karena polaritas arus tidak akan terpengaruh karena pemasangan kabel input. Namun demikian, untuk kabel output sebaiknya tidak dipasang terbalik. Pemasangan kabel yang terbalik atau bahkan salah tempat pada output bisa menyebabkan relay Omron tidak berfungsi dengan baik.

Cara kerja relay Omron 8 kaki pada dasarnya memiliki prinsip kerja relay 8 kaki merek lainnya. Namun demikian, sebelum mengaplikasikan penggunaan merek lain, sebaiknya kita teliti dan amati terlebih dahulu posisi kaki dan fungsi kaki merek lain. Meskipun biasanya semua merek memiliki posisi kaki yang sama, namun tidak ada salahnya kita mengamati dengan lebih detail. Harga relay Omron 8 kaki mungkin akan berbeda dengan merek lain, karena itu, sebelum membeli bandingkan harga dan kualitas untuk mendapatkan produk terbaik.