Prinsip Dasar dan Cara Kerja Air Conditioner Mobil

Air conditioner atau yang lebih populer dengan sebutan AC merupakan perangkat yang digunakan untuk mendinginkan suhu ruangan. AC mobil merupakan perangkat yang penting digunakan di dalam mobil agar berkendara terasa lebih nyaman. Bila kita merasa nyaman saat berkendara tentu kita bisa berkendara dengan waktu yang lama dan tetap memiliki fokus serta konsentrasi. Cara kerja Air Conditioner mobil yang baik akan bisa membuat nyaman pengendara dan penumpangnya.

cara kerja sistem ac,fungsi ac mobil,komponen sistem ac,komponen utama ac mobil,makalah sistem ac mobil,modul sistem ac mobil,pengertian sistem ac,sistem kelistrikan ac mobil,
Baca juga : Antena TV

Semua merek Air Conditioner mobil bisa dikatakan memiliki cara kerja yang sama. Cara kerja yang sama tersebut terjadi karena kesamaan komponen yang digunakan dalam AC tersebut. Komponen yang umum digunakan dalam AC mobil antara lain seperti kompresor, evaporator, dan berbagai suku cadang lainnya. Jika sparepart Air Conditioner mobil bekerja dengan optimal, maka bisa dipastikan AC akan memperoleh kinerja prima.

Pendingin udara mobil akan memiliki kondisi yang berbeda pada saat dimatikan dan dinyalakan. Pada saat kondisi mati, maka freon yang ada di dalam sistem AC akan memiliki tekanan yang bisa dikatakan sama. Karena itu, tidak terjadi aliran freon dalam sistem. Tekanan freon yang terdapat dalam sistem AC mobil tersebut memiliki kisaran yang beragam, yaitu antara 120psi hingga 150psi. Dengan tekanan yang cukup tinggi tersebut, bila terjadi kebocoran, maka freon tentu akan habis.

Freon Air Conditioner mobil pada saat pertama kali dihidupkan maka akan mengalami pemompaan oleh kompresor. Dengan adanya perbedaan tekanan yang dibuat, maka terjadi aliran freon dalam sistem. Ketika freon melewati evaporator yang sebelumnya telah dikabutkan, akan terjadi udara dingin. Uap dingin tersebut, kemudian dialirkan ke seluruh bagian mobil oleh blower. Pada saat ini terjadi proses pendinginan masih sangat berat karena suhu ruangan masih tinggi.

Pada saat beban tinggi di Air Conditioner, terkadang AC akan terdengar lebih berisik dan bergetar. Untuk pendinginan yang dilakukan pada tahap yang maksimal, beban kerja AC akan menjadi lebih berat. Cara kerja Air Conditioner mobil ketika udara telah dingin akan lebih tenang. Pada level tertentu, terkadang AC yang kita nyalakan hampir tidak terasa getarannya. Pada level ini, AC yang kita nyalakan hanya menstabilkan suhu agar tidak naik dan tetap konstan sepeti pengaturan yang ada.

Dengan mengetahui cara kerja Air Cinditioner mobil kita mengetahui bahwa udara yang didinginkan adalah udara yang beredar secara lokal. Karena itu, besar kemungkinan kadar oksigen yang ada bisa menjadi terbatas dalam penggunaan yang lama. Namun dengan kemajuan yang ada, kini telah hadir AC mobil dengan air purifier atau pemurni udara yang membuat kadar udara yang didinginkan oleh AC memiliki kualitas yang baik untuk dihirup oleh manusia.