Cara Penggunaan Spektrofotometer UV-VIS dan Komponen-Komponennya

Spektrofotometer UV-VIS adalah sebuah device atau alat yang digunakan untuk bisa mengukur serapan ultra violet oleh materi berbentuk larutan. Cara penggunaan spektrofotometer UV-VIS adalah dengan pengukuran tingkat penyerapan yang terjadi pada larutan tersebut. Pengukuran yang terjadi bisa dalam analisis yang bersifat kuantitatif maupun analisis yang bersifat kualitatif. Sampel yang diperiksa biasanya akan mengukur zat berbahaya yang terkandung di dalam makanan seperti kandungan logam.

bagian bagian spektrofotometer uv-vis,cara kerja spektrofotometer uv-vis,cara penggunaan alat spektrofotometer,fungsi alat spektrofotometer uv-vis,spektrofotometer uv-vis adalah,
Baca juga : Air Conditioner

Berdasarkan fungsi yang digunakan, spektrofotometer dibagi menjadi empat macam, yaitu spektormeter ultraviolet, spektrofotometere sinar tampak, spektrofotometer infra merah, dan spektrofotometer setapan atom. Fungsi spektrofotometer UV-VIS selain untuk mengukur kadar logam berat yang ada pada larutan, juga bisa digunakan untuk mengukur zat atau senyawa organik. Pengukuran yang dilakukan adalah dengan mengetahui kecepatan penyerapan dengan konsentrasi larutan yang ada.

Komponen spektrofotometer UV-VIS memiliki bagian yang lengkap agar bisa berfungsi dengan baik. Komponen yang ada meliputi sumber cahaya, pengatur intensitas, monokromator, dan kurvet. Komponen akan bekerja dengan baik sebagai sebuah sistem spektrofotometer yang akan menentukan keberhasilan pengukuran. Berikut ini adalah beberapa uraian singkat mengenai komponen yang ada pada alat ini.
  • Sumber cahaya

Sebagai salah satu komponen yang penting harus memiliki pancaran yang stabil. Lampu pijar yang digunakan adalah yang memiliki panjang gelombang antara 350nm hingga 2200nm. Bila panjang gelombang kurang dari 350nm maka keluaran tidak bisa digunakan.
  • Pengatur intensitas

Bagian ini mengatur agar intensitas yang dimiliki oleh sumber cahaya bisa lebih konstan hingga pengukuran yang terjadi dalam kondisi penyinaran yang stabil. Sinar yang stabil dan konstan akan membuat pengukuran yang ada menjadi lebih konsisten.
  • Monokromator

Cara penggunaan spektrofotometer UV-VIS adalah dengan merubah gelombang poli kromatis dengan menjadi monokromatis dengan menggunakan lensa prisma yang secara umum disebut juga dengan istilah gratting.
  • Kurvet

Kurvet ini merupakan wadah yang digunakan untuk meletakkan larutan yang telah memiliki komposisi tertentu hingga dapat terbaca menggunakan alat ini. Sampel yang digunakan pada umumnya merupakan sampel yang peka terhadap cahaya.
Salah satu proses penting yang menentukan keberhasilan pengukuran adalah proses preparasi sampel. Proses ini harus melawati prosedur yang terukur agar hasil bisa didapatkan dengan baik. Sel yang akan digunakan untuk pengukuran sebaiknya di bilas beberapa kali. Setelah dibilas, sel sampel bisa diletakkan pada kertas penghisap agar pembersihan yang dilakukan bisa maksimal. Kemudian diisi dengan larutan bersih yang digunakan dalam pengukuran. 

Cara penggunaan spektrofotometer UV-VIS dengan menggunakan petunjuk yang sesuai dengan prosedur akan menentukan kualitas pengukuran yang ada. Dengan parameter pengukuran yang digunakan seperti panjang gelombang, energi tiap foton, dan frekuensi yang digunakan maka pengukuran dapat dilakukan. Hasil pengukuran tersebut merupakan hubungan yang terjadi di antara ketiga parameter yang digunakan.