Begini Prinsip Umum dan Cara Kerja Topologi Star

Cara kerja topologi Star secara teknis adalah sebuah mekanisme jaringan yang memiliki bentuk Star atau bintang. Topologi Star adalah cara yang digunakan dalam menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan kerja menggunakan alat yang disebut dengan Hub dan Switch. Jaringan tersebut dihubungkan menggunakan kabel LAN. Dengan menggunakan sistem jaringan ini, maka banyak kemudahan yang bisa didapat untuk melakukan transfer data maupun berkomunikasi antar komputer.
Transfer data menggunakan kabel seperti sebuah jaringan LAN saat ini dianggap tidak praktis karena berkembangnya jaringan nirkabel. Namun demikian, dibandingkan dengan jaringan nirkabel, transfer data dengan menggunakan jaringan kabel ini tentu akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi. Apabila dibandingkan dengan kecepatan jaringan wireless atau nirkabel yang ada saat ini. Untuk memahami kerja tipologi Star, maka kita perlu mempelajari cara kerja jaringan dengan topologi yang lainnya.
  • Cara kerja topologi bus

Untuk cara kerja topologi Bus pada topologi Bus merupakan sebuah jaringan transfer data dan informasi yang digunakan dalam sebuah jaringan lokal perangkat komputer. Dengan menggunakan sistem jaringan ini, informasi atau data yang ditransfer akan dibroadcast ke semua komputer yang terhubung dalam jaringan tersebut. Namun demikian, hanya komputer yang memiliki alamat yang sesuai yang akan menggunakan data yang ada pada jaringan kerja lokal yang menggunakan metode ini.
  • Cara kerja topologi Star

Cara kerja topologi Star sedikit berbeda. Pada tipologi Star, pada jaringan ini, data yang ada akan ditransfer ke hub atau switch yang digunakan. Kemudian informasi atau data akan dikirim ke semua komputer pada jaringan ini. Keunggulan jaringan ini adalah kita bisa mengirimkan data pada saat bersamaan di komputer yang berbeda. Bila hal tersebut terjadi, maka jaringan yang kita miliki akan menjadi lebih padat dan pada akhirnya karena jaringan padat akan melambatkan kinerja transfer data yang ada.
  • Cara kerja topologi Ring

Untuk menggunakan topologi ring ini, maka kita akan menghubungkan setiap komputer dengan komputer berikutnya. Sehingga data yang di kirim akan melalui setiap komputer secara berantai dengan hingga alamat yang dituju. Proses pengiriman data dengan metode ini menggunakan token yang bisa diubah. Cara mengubahnya adalah dengan menambah alamat tujuan. Penambahan data juga bisa dilakukan oleh pemegang token yang terus bergulir antar komputer. Itulah cara kerja topologi Ring.
Cara kerja topologi Star saat ini dianggap sebagai sebuah topologi yang cukup efektif. Namun demikian, cara ini akan memakan tambahan biaya karena instalasi kabel yang digunakan akan lebih banyak dan rumit. Namun demikian, data yang ditransfer akan memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan topologi yang lainnya. Penggunaan data dua arah tetap bisa berjalan dengan waktu yang bersamaan meskipun kecepatan transfer data menjadi sedikit lebih lambat dari biasanya.