3 Isi Penting Dalam Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yg Baik dan Benar

Surat lamaran kerja yang baik dan benar harus dibuat oleh semua para pencari kerja. Di zaman globalisasi ini mencari pekerjaan memang tidak mudah, oleh karena itu setiap pencari kerja harus mampu bersaing. Salah satu kunci agar mendapatkan pekerjaan yang diinginkan adalah dengan membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar. Cara membuat surat lamaran kerja yg baik dan benar tidak mudah, hal ini dikarenakan surat lamaran kerja harus bisa menonjolkan sang pelamar dan juga menarik untuk dibaca oleh pihak HRD perusahaan.

Isi Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar

Untuk membuat surat lamaran kerja yang benar, maka Anda harus memperhatikan isi dari surat lamaran yang Anda buat. Hal ini dikarenakan isi surat lamaran pekerjaan inilah yang nantinya akan dibaca oleh pihak HRD. Dengan isi yang menarik, maka peluang untuk Anda bisa dipanggil ke tahap seleksi penerimaan karyawan selanjutnya akan mudah. Hal yang paling penting dalam membuat surat lamaran kerja adalah isi yang ada didalam surat lamaran kerja. Banyak para pencari kerja yang mengabaikan isi surat dan fokus pada berkas lampiran.

Cara membuat surat lamaran kerja yg baik dan benar harus berisi data lengkap mengenai informasi pelamar. Selain itu, dalam surat lamaran pekerjaan juga harus dicantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Nomor telepon pelamar wajib untuk dituliskan dalam surat lamaran, hal ini dikarenakan nomor telepon digunakan oleh pihak perusahaan untuk menghubungi calon karyawan. Nah, selain itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam isi surat lamaran. Berikut ini hal-hal penting terkait isi surat lamaran:
  • Awali dengan pembukaan mengenai perusahaan yang akan dilamar

Surat lamaran kerja umum biasanya diawali dengan pembuka yang menunjukkan identitas pelamar. Nah, cobalah untuk membuat surat lamaran dengan kalimat pembuka yang menarik. Salah satu contoh kalimat pembuka yang menarik yaitu dengan mereview perusahaan yang akan dilamar. Review ini bisa berupa pengetahuan singkat pelamar mengenai perusahaan tersebut.
  • Tuliskan review kemampuan diri secara singkat dan jelas

Selain review perusahaan, tuliskan review mengenai kemampuan Anda sendiri secara singkat dan jelas. Tidak perlu semua kemampuan dituliskan, cukup kemampuan yang paling menonjol dan juga yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Tutup dengan kalimat yang menarik

Tidak hanya isi pembukaannya saja yang menarik, kalimat penutup surat lamaran pekerjaan juga harus menarik. Dengan kalimat menarik, maka perusahaan akan lebih mempertimbangkan Anda untuk direkrut menjadi karyawan.
Jika Anda mengikuti panduan cara membuat surat lamaran kerja yg baik dan benar diatas, maka kemungkinan Anda untuk diterima kerja akan semakin besar. Namun ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan dalam isi surat lamaran kerja yaitu surat lamaran pekerjaan harus ditandatangani. Tanda tangan ini sangat penting, hal ini dikarenakan dengan adanya tanda tangan akan menunjukkan bahwa surat lamaran tersebut dibuat oleh Anda sendiri dengan sungguh-sungguh.

Previous
Next Post »