Prinsip Dasar dan Cara Kerja IC 4017

Cara kerja IC 4017 dipengaruhi oleh jenis IC dan penggolongannya. IC ini digolongkan dalam jenis CMOS yang merupakan sebuah IC logika. IC ini memiliki 10 output aktif yang bekerja secara bergantian. Dengan cara kerja tersebut, IC 4017 biasanya akan digunakan sebagai salah satu komponen dalam rangkaian LED. Komponen IC ini sesuai dengan fungsinya juga bisa digunakan dalam rangkaian alarm. Penggunaan yang luas pada berbagai peralatan elektronik sudah cukup populer bagi penggemar elektronika.

cara kerja ic 4017b,fungsi ic 555 dan ic 4017,harga ic 4017,ic 4017 circuit diagram,ic 4017 datasheet,kaki ic 555,pengganti ic 4017,rangkaian ic 4017,
Baca juga : Cara Kerja IGBT

Pin IC 4017 meskipun dikenal sebagi IC 10 tahap namun memiliki jumlah kaki atau pin lebih banyak dari 10 buah. Masing-masing pin akan memiliki fungsi dan nilai tersendiri dan dipasang dengan tepat. Fungsi pin pada IC ini bermacam-macam, 10 pin digunakan sebagai out put aktif yang bekerja bergantian. Sementara 6 pin lainnya berfungsi sebagai VSS(GND), VDD, Reset, Clock in, Clock Enable, dan Carry Out. Sebagai sebuah rangkaian, kita bisa menggunakan IC lebih dari satu.

Aplikasi IC 4017 pada rangkaian elektronik mulai diperkenalkan pada sekitar tahun 1968 dan hingga saat ini masih digunakan. Komponen IC ini secara sederhana bisa dikatakan sebagai sebuah saklar otomatis yang memiliki 10 output yang menyala secara bergantian. Hal itu terjadi karena pada clock in di salah satu kaki diberi tegangan atau pulse. Penggunaan IC pada rangkaian sederhana bisa dilakukan untuk membuat rangkaian running LED yang menggunakan kapasitas daya rendah.

Cara kerja IC 4017 yang merupakan salah satu varian dari seri 4000 pada IC ini serupa dengan IC yang memiliki seri lainnya. Sedangkan untuk IC dengan seri kode 4017 memiliki beberapa seri yang mempunyai fungsi sama. Beberapa varian IC model 4017 antara lain CD4017, HEF4017, dan beberapa seri IC lainnya. Penggunaan model dan seri IC biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan akan kapasitas dan model rangkaian yang dibentuk. Dengan memilih IC yang sesuai penggunaan maka akan membuat rangkaian menjadi efektif dan efisien. 

Untuk rangkaian LED yang menggunakan komponen IC 4017 biasanya akan dipadukan dengan komponen lain agar rangkaian bisa bekerja dengan maksimal. Untuk membuat rangkaian running LED menggunakan IC 4017 maka diperlukan beberapa bahan tambahan, yang antara lain IC 555, resistor atau bisa dengan potensiometer, kapasitor, lampu LED, baterai, dan kabel jumper yang digunakan untuk menghubungkan setiap bagian.

Cara kerja IC 4017 dalam sebuah rangkaian elektronik harus dirakit dengan tepat. Apabila terjadi kesalahan dalam memasang rakitan, maka rangkaian bisa tidak bekerja dengan baik, atau bahkan lampu LED tidak menyala. Untuk IC 555 dan IC 4017, kita bisa memberikan kapasitas tegangan hingga mencapai 12 volt untuk rangkaian lampu LED 10 buah. Input listrik yang diperlukan akan semakin besar bila jumlah lampu LED bertambah banyak. Untuk laju kedipan dengan jangka waktu yang agak lama, kita memerlukan rangkaian IC 4017 lebih dari satu.