Fungsi dan Cara Kerja Cache Memory

Secara sederhana, cache memory adalah tempat penyimpanan data sementara yang dimiliki oleh sebuah perangkat. Cara kerja cache memory adalah dengan menyimpan data yang pernah digunakan dalam membuka aplikasi tertentu. Aplikasi yang pernah dibuka dalam sebuah perangkat yang menggunakan prosesor seperti komputer, notebook, maupun smartphone akan mudah dan cepat dibuka kembali bila data tersimpan di cache Qemory. Cache memory dikenal juga dengan nama memory berkecepatan tinggi, karena memiliki kecepatan lebih tinggi dari RAM.

apa itu cache dan cookies,apa itu cache memory android,apa yang terjadi jika cache dihapus,apakah cache harus dihapus,contoh cache memory,pengertian cache,struktur cache memory,
Baca juga : Cara Kerja Dermatix

Semua data yang pernah dibuka akan tersimpan di cache memory sebagai data temporer atau data sementara. Namun demikian, ketika data pada cache memory telah penuh, maka fungsi cache memory akan menurun. Bahkan bila kita membuka aplikasi baru yang belum pernah dibuka akan terasa sangat lambat. Jadi, secara sederhana, apabila cache memory terlalu penuh akan memperlambat kinerja perangkat yang kita miliki. Secara singkat, cache memory akan memiliki fungsi sebagai berikut ini.
  • Mempercepat akses data
  • Meringankan kerja yang dilakukan oleh prosesor
  • Mempercepat kinerja yang dimiliki oleh memory
  • Menjadi penghubung dan antara prosesor dan RAM
Cara kerja cache memory berhubungan erat dengan kinerja prosesor dan RAM sebagai memory utama. Secara singkat, ketika sebuah aplikasi, program, maupun data dibuka oleh prosesor, maka cache memory akan menyimpan alamat aplikasi tersebut. Kemudian bila prosesor mencari data tersebut untuk berikutnya akan mencari di cache memory sebagi jalan pintas. Dengan demikian, kinerja akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan RAM sebagai memory utama.

Namun demikian, apabila cache memory terlalu lama tidak dibersihkan, maka data yang ada akan menjadi menumpuk dan besar. Dengan besarnya data pada cache memory, maka prosesor akan memerlukan waktu lebih untuk mencari data yang dimaksud. Dengan demikian, kinerja perangkat akan lebih lambat. Pada cache memory smartphone kinerja yang melambat tersebut akan lebih terasa. Hal itu karena tingkat penggunaan smartphone yang lebih tinggi dibandingkan dengan perangkat lainnya.

Untuk kembali meningkatkan kinerja yang telah menurun pada perangkat yang menggunakan cache memory, kita bisa melakukan “penyegaran”. Dengan melihat cara kerja cache memory, maka kita bisa menyimpulkan bahwa untuk mengembalikan kinerja prosesor kita bisa menghapus data yang ada pada cache memory. Kita bisa menghapus manual cache memory yang ada pada perangkat kita. Pada smartphone maupun perangkat lainnya kita bisa menghapus data yang ada di dalam cache.

Namun demikian, kita bisa menghapus data cache memory menggunakan aplikasi yang mudah dan aman untuk digunakan. Penghapusan data menggunakan aplikasi akan membuat proses pembersihan bisa dilakukan dengan lancar dan tidak mengganggu aplikasi yang lain. Beberapa software dan aplikasi bisa kita download dengan gratis, seperti App Cache Cleaner, Clean Cleaner, dan Clean Master. Aplikasi tersebut sangat mengerti cara kerja cache memory dan bisa membersihkan dengan baik.