Belajar Cara Kerja Arduino Uno Mikrokontroler

Arduino adalah sebuah mikrokontroler, yang secara singkat merupakan inti dari sebuah chip yang ada pada perangkat kompoter maupun robotik. Dalam chip tersebut biasanya terdapat inti prosesor, memori, RAM, memori program dan mikrokontroler ini. Fungsi mikrokontroler ini adalah untuk membaca dan menulis data yang bertujuan untuk mengefisienkan pekerjaan dan mengurangi pembiayaan yang diperlukan. Nah, arduino ini ada beragam jenisnya, misalnya Arduino Uno, Arduino Mega dan Ardunio Fio. Dalam kesempatan ini kami akan khusus memberikan penjelasan terkait dengan cara kerja Arduino Uno.

bahasa pemrograman arduino pdf,bahasa pemrograman arduino uno,fungsi arduino uno,fungsi pin arduino uno,kode program arduino,komponen arduino uno,pengertian software arduino,
Baca juga : Asam Mefenamat

Komponen Arduino Uno terdiri dari 20 pin yang berfungsi sebagai input maupun output. Dari 20 tadi, 14 pin digunakan untuk digital input/output sementara 6 input lagi berfungsi sebagai analog input/output. Selain pin, ada juga crystal osilator dan koneksi USB. Arduino ini memiliki sistem kerja yang open source dengan seri mikrokontrolernya ATMega 328. Cara kerja Arduino sendiri dengan komputer dapat dilihat dari keberadaan komunikasi serialnya berupa UART TTL dengan pin digital 0 dan 1. Untuk koneksi komputer dilakukan dengan USB. 

Adapun perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung cara kerja Arduino Uno adalah dengan menggunakan software bawaan Arduino itu sendiri. Dalam Arduino sendiri terdapat sebuah bootloader yang berfungsi sebagai akses upload koder baru tanpa perlu menggunakan hardware eksternal tambahan. Nah, software Arduino ini disebut dengan IDE. IDE ini terdiri atas beberapa komponen, sebagai berikut.
  • Aplikasi Mengedit

Aplikasi editor ini membantu pengguna untuk dapat menuliskan maupun mengedit program yang akan dijalankan.
  • Aplikasi Pengkompilasi

Program untuk menggabung alias mengkompilasi ini digunakan untuk mengubah kode program yang menggunakan bahasa pemrograman ke dalam bahasa biner (0 dan 1).
  • Aplikasi Mengunggah

Adapun aplikasi ini bertugas untuk mengunggah kode biner baru hasil pekerjaan comiler ke dalam board Arduino sehingga terdeteksi.
Terkait dengan bahasa pemrograman yang digunakan Arduino Uno, yang digunakan adalah Bahasa C. Bahasa C ini memang dikenal sebagai bahasa tingkat lanjut di kalangan pprogrammer karena cenderung lebih sulit dipelajari. Akan tetapi, dari segi penggunaannya, bahasa ini memang jempolan karena lebih fleksibel digunakan dan menjangkau lebih banyak aspek bahasa yang dibutuhkan. Tak hanya itu, Bahasa C juga memiliki fngsi penyimpanan, dimana ketika sudah pernah ditulis bisa tinggal dipanggil kembali. Selain itu bahasa C ini juga mudah dibuatkan interface-nya untuk hardware.

Adapun sumber input pada Arduino itu sendiri adalah pin-pin input yang dijelaskan diatas. Arduin ini nantinya akan terhubung dengan sensor-sensor jarak dan juga buzzer untuk mengedarkan input. Demikianlah gambaran umum cara kerja Arduino Uno yang dapat kami sampaikan kepada Anda. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan ada manfaatnya.