Cara Kerja Asam Mefenamat, Obat Penghilang Rasa Sakit

Beberapa dari Anda mungkin sudah sangat familiar dengan asam mefenamat. Obat kecil yang banyak dijumpai dalam bentuk tablet dan dijual bebas di apotek ini adalah salah satu obat penyelamat ketika rasa sakit menyerang. Uniknya, rasa sakit yang dapat diobati beragam, dari mulai sakit perut, sakit gigi hingga sakit kepala. Jadi sebenarnya bagaimana cara kerja asam mefenamat itu sehingga dapat meredakan sakit yang kita rasakan? Apakah sakitnya hilang atau hanya nyerinya yang hilang? Artikel ini akan memberikan ulasan untuk Anda.

asam mefenamat 500 mg,asam mefenamat untuk ibu hamil,asam mefenamat untuk sakit gigi,asam mefenamat untuk sakit kepala,fungsi obat asam mefenamat dan amoxicillin,harga asam mefenamat,
Baca juga : Bom Hidrogen

Asam mefenamat adalah suatu jenis obat anti peradangan. Fungsi asam mefenamat sendiri adalah untuk menghilangkan rasa sakit ringan maupun menengah, termasuk juga peradangan dan imflamasi. Obat ini biasa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang amat sangat, yang biasanya dikeluhkan orang misalnya ketika sakit gigi, nyeri datang bulan maupun ketika nyeri pasca operasi. Cara kerja asam mefenamat adalah dengan menghambat aktivitas hormon prostaglandin tubuh Anda akan berhenti memproduksi rasa nyeri dan radang yang dialami. Dengan demikian, Anda dapat merasa lebih tenang.

Ada beberapa merk asam mefenamat yang beredar di pasaran Indonesia. Misalnya untuk obat jenis generik, Anda dapat menemukan merk yang sama dengan nama senyawa ini sendiri yakni “Asam Mefenamat”. Sementara itu untuk obat bermerk ada beberapa obat dengan fungsi yang sama, meliputi Analspec, Asimat, Benostan, Cetalmic, Corstanal, Datan, Dogesic, Dolos, Dystan, Fargetix, Femisic, Fensik dan Gitaramin. Selain itu, ada juga kandungan Hexalgesic, Lapistan, Licostan, Mectan, Mefast, Mefinal, Mefinter, Mefix, Menin, Molasic, Nichostan, Opistan, Ponalar, Poncofen, Pondex, Ponsamic, Ponstan, Ponstelax, Stanza, Topgesic, dan juga Tropistan.

Dari sisi cara kerja asam mefenamat ini dikenal memiliki proses yang cepat dan dapat digunakan untuk berbagai jenis penyakit. Misalnya saja untuk gigi, bisa digunakan ketika gigi Anda berlubang, baru tumbuh maupun nyeri akibat impasi. Tak hanya itu, penderita sakit kepala, nyeri otot dan nyeri datang bulan pun sangat tertolong dengan obat ini. Cara mengkonsumsinya pun mudah. Setelah makan, konsumsi sebutir tablet asam mefenamat. Tunggu paling tidak lima belas menit dan hasilnya pun langsung terasa karena rasa nyeri Anda hilang.

Meskipun cara kerja asam mefenamat ini mudah dan cepat serta bisa digunakan untuk banyak penyakit, tapi Anda juga perlu berhati-hati karena untuk beberapa orang obat ini juga dapat menimbulkan efek samping. Efek samping yang dimaksud beberapa diantaranya adalah adanya gangguan pencernaan, muntah, diare, asam lambung meningkat, pusing, sakit kepala hingga penglihatan menjadi kabur. Untuk itu, sebelum menggunakan obatnya, periksa baik-baik dosisnya dan sesuaikan pula dengan usia. Bahkan sangat baik sekali jika Anda konsultasikan dulu dengan dokter. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat.