Lengkap! Ini Dia Cara Kerja Absen Sidik Jari!

Dewasa ini instansi pemerintahan maupun swasta banyak yang menggalakkan absen kehadiran bagi pegawai, pejabat maupun siswa yang berada di bawah naungan instansi tersebut. Absen manual dengan tanda tangan dinilai tidak efektif karena sering kali dipalsukan, sehingga muncullah ide absen digital. Awalnya absen ini dimulai dengan sistem scan kartu identitas. Akan tetapi semakin maju teknologi banyak yang mulai menggunakan absen sidik jari. Kira-kira bagaimana ya prosesnya absen sidik jari? Dalam artikel berikut akan dibahas terkait dengan cara kerja absen sidik jari.

cara mengakali absen sidik jari,cara mengambil data absen dari finger print,cara mengedit absen sidik jari,cara menggunakan fingerprint solution x100c,cara setting absen sidik jari,
Baca juga : Cara Kerja AHU

Kecanggihan cara kerja absen sidik jari sebenarnya tidak terlepas dari kemajuan teknologi biometric, yang mana metode ini adalah alat identifikasi seorang individu dengan melihat dari ciri fisik maupun karakteristik anggota tubuh dan perilakunya. Identifikasinya bisa beragam, misalnya suara, bentuk wajah, struktur kornea mata dan salah satunya adalah sidik jari. Hal ini menyebabkan sistem biometrik ini lebih reliable dari sistem pengenalan diri tradisional, misalnya tanda tangan maupun scan kartu identitas, karena sulit dipalsukan. Sehingga absen zaman sekarang banyak yang menerapkan ini.

Pola kerja absen sidik jari adalah dengan membaca pola pada bagian dalam ujung jari, dimana setiap orang akan memiliki pola yang berbeda-beda. Untuk dapat menggunakannya, pertama sidik jari Anda akan direkam dalam database. Setelah pola tersebut terekam, cara kerja absen sidik jari adalah dengan mencocokkan pola yang ada pada database dengan sidik jari yang Anda berikan tiap kali melakukan pengabsenan. Anda hanya perlu menekankan sidik jari Anda pada suatu alat dan kemudian alat itulah yang akan melakukan proses pelacakan absen.

Alat absen sidik jari ini biasanya dilengkapi dengan software tertentu dan nantinya terhubung secara otomatis ke komputer untuk mengecek absen harian Anda, bisa juga ke nomor handphone tertentu dan nantinya akan dikirimkan SMS tanda telah melakukan absensi. Di sekolah misalnya, rekap absensi harian biasanya langsung dikirimkan ke orang tua sehingga orang tua bisa mengecek anaknya sudah tiba di sekolah atau belum. Cara kerja absen sidik jari yang cepat dan mudah ini, orang tua jadi bisa lebih tenang memastikan keberadaan anaknya.
Meskipun cara kerja absen sidik jari ini sederhana dan dapat dipercaya, bukan berarti tanpa masalah. Beberapa orang sering kali tidak dapat dideteksi karena memiliki permukaan jari yang terlalu kering maupun terlalu halus sehingga polanya tidak terbaca. Selain itu, ketika jari tangan kotor maupun dalam keadaan basah, pola yang terbaca akan menjadi kacau dan menyebabkan Anda tidak dapat terverifikasi. Begitu pula jika scannernya yang kotor. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan dapat menjawab pertanyaan Anda yang penasaran dengan absen sidik jari.

Previous
Next Post »