Cara Buat CV Lamaran Kerja Yang Membuat Anda Terlihat Istimewa

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Ada banyak sekali pencari kerja yang memperebutkan sedikit posisi. Karena itu persaingan pun semakin tajam. Para pencari kerja harus bisa menjadi yang terbaik dan terlihat istimewa bagi perusahaan yang dilamarnya. Dimulai dari surat lamaran dan CV yang dikirimkan. CV atau curriculum vitae harus bisa membuat Anda terlihat istimewa dan lebih baik dari pelamar-pelamar lainnya. Sehingga peluang mendapatkan pekerjaan pun menjadi semakin besar. Cara buat CV lamaran kerja harus memperhatikan isi maupun desainnya. 

contoh cv kreatif,contoh cv lamaran kerja doc,contoh cv lamaran kerja fresh graduate,contoh cv lamaran kerja pdf,contoh cv yang baik dan benar,contoh cv yang menarik,download cv lamaran kerja,
Baca juga : Relay 4 Kaki

Isi Curriculum Vitae Yang Istimewa

Banyak orang yang membuat CV dengan mencantumkan data selengkap-lengkapnya. Misalnya untuk riwayat pendidikan, mereka mencantumkan pendidikan mulai SD hingga pendidikan terakhir. Padahal, contoh CV yang baik dan benar bukanlah seperti itu. Dalam pembuatan CV kita harus memperhatikan tujuan dan maksudnya. Kita juga harus mempertimbangkan kemudahan pihak HRD untuk bisa mendapatkan informasi yang penting dan membuat kita terlihat istimewa. Jika terlalu banyak data yang dimasukkan padahal kurang relevan, tentu membuat CV terlihat tidak menarik. 

Cara buat CV lamaran kerja yang baik menyarankan kita menuliskan data-data yang dinilai penting dan berhubungan erat dengan posisi atau perusahaan yang dilamar. Misalnya pendidikan, cantumkan saja pendidikan terakhir atau yang berkaitan dengan pekerjaan. Begitu juga dengan sertifikat-sertifikat yang dimiliki. Jika Anda memiliki banyak sertifikat, tidak perlu mencantumkan semuanya. Pilihlah yang akan menunjang untuk bisa meraih pekerjaan tersebut, dan buatlah agar terlihat menonjol.

Isi CV lainnya yang akan sangat menarik perhatian pihak HRD adalah pengalaman kerja. Karena itu jika Anda memiliki pengalaman-pengalaman kerja yang menunjang karier baru di perusahaan yang dilamar, jangan lupa untuk mencantumkannya. Tetapi beberapa contoh CV fresh graduate tentu tidak mencantumkan bagian ini, karena kebanyakan calon pekerja yang baru lulus memang belum memiliki pengalaman kerja. Sebagai solusinya, mencantumkan pengalaman magang, atau prestasi-prestasi yang pernah diraih. Tunjukkan bahwa walaupun belum berpengalaman, Anda memiliki etos kerja yang istimewa. 

Bentuk dan Desain CV Yang Istimewa

Selain isi, bentuk ataupun desain CV juga harus terlihat istimewa. Anda harus bisa membuat CV tampak menarik, kreatif serta unik. Jika bisa merancangnya sendiri tentu akan sangat baik. Tetapi jika kesulitan, saat ini ada beberapa website yang bisa membantu. Situs-situs tersebut telah menyiapkan format-format CV yang menarik. Anda hanya tinggal memasukkan data pribadi dan CV istimewa pun bisa segera dimiliki. 

Selain beberapa website, format CV yang sudah dalam bentuk Microsoft Word atau pdf juga mudah didapatkan. Cara buat CV lamaran kerja bisa dilakukan dengan mengedit contoh-contoh lamaran kerja yang memiliki desain paling sesuai. Pilihlah desain yang cocok dengan pekerjaan yang dilamar serta yang mampu menunjukkan keistimewaan-keistimewaan yang Anda miliki. Dengan demikian akan sangat mudah bagi Anda untuk memasuki tahap recruitment selanjutnya.