Contoh Soal USBN Sejarah SMA dan Kunci Jawabannya

Soal-soal USBN Sejarah SMA dan kunci jawabannya, berisikan materi soal USBN Sejarah tahun sebelumnya. Semua materi yang ada di tulisan ini beriskan materi yang memuat kisi-kisi yang ada, mulai dari kelas X sampai dengan kelas XII. Hal ini, berbeda dengan contoh soal USBN Sejarah yang pernah admin sebelumnya, dimana kebanyakan materinya hanya berisikan kelas 12.

So, soal-soal USBN Sejarah SMA dengan KTSP tulisan ini, bisa anda jadikan referensi pembelajaran, sebelum menghadapi USBN yang sebenarnya. Selain itu, bagi anda yang saat ini menggunakan kurikulum 2013 atau K13, silahkan membaca postingan : Contoh Soal USBN Sejarah SMA Kurikulum 2013 dan Kunci Jawabannya dan USBN Sejarah kurtilas paket cadangan

Ada sekitar 45 soal utama (40 PG dan 5 Essay) yang bisa anda pelajari, berikut dibawah ini, contoh soalnya:

1. Sumber-sumber sejarah masa lampau dapat berupa barang peninggalan tertulis maupun tidak tertulis. Berikut ini peninggalan sejarah yang termasuk inskripsi antara lain ….
A. tulisan yang ditorehkan pada benda keras seperti batu, logam, dan kayu.
B. dokumen resmi tentang suatu persetujuan, pengakuan dan pemberian hak.
C. barang-barang cetakan yang ditemukan di lapisan bumi tertentu.
D. naskah-naskah yang berisi perjalanan sejarah tokoh-tokoh tertentu.
E. seluruh peninggalan tertulis maupun gambar yang telah dibukukan.
Jawaban: A

2. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) Cerita dalam tradisi ini dipercayai masyarakat sebagai kisah yang benar-benar terjadi.
2) Menceritakan terjadinya alam semesta, bentuk khas binatang, dan petualangan para dewa.
3) Tokoh utama dalam kisah tradisi ini adalah dewa atau manusia setengah dewa.
Ciri-ciri di atas mengacu pada tradisi lisan yang berbentuk ….
A. dongeng.
B. legenda.
C. mitologi.
D. folklore.
E. mitos.
Jawaban: E

3. Contoh periodisasi peristiwa sejarah Indonesia yang tersusun secara kronologis adalah….
A. masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan.
B. masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa colonial Belanda – masa pendudukan Jepang.
C. masa kemerdekaan – masa pendudukan Jepang – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa colonial Belanda.
D. masa pendudukan Jepang – masa colonial Belanda – masa Kerajaan Islam – masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa kemerdekaan.
E. masa Kerajaan Hindu-Buddha – masa Kerajaan Islam – masa colonial Belanda – masa pendudukan Jepang – masa kemerdekaan.
Jawaban: E

4. Perhatikan kajian-kajian sejarah berikut ini.
1. Kronologis peristiwa sekitar proklamasi hingga proklamasi kemerdekaan.
2. Suasana kota Jakarta pada saat pembacaan proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945.
3. Pelaksanaan sistem tanam paksa mulai tahun 1830 hingga 1870.
4.  Pembangunan pada era Orde Baru
Dari contoh kajian sejarah di atas, manakah yang merupakan kajian sejarah yang bersifat sinkronis?
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 3 dan 4
Jawaban: D

5. Berikut merupakan bentuk tradisi masyarakat Nusantara pada masa pra-aksara dan masa aksara adalah... .
A. melakukan perburuan hewan untuk dijadikan bahan makanan dan menyembah benda yang mempunyai kekuatan ghaib.
B. menumpuk sampah sisa makanan dan menulis setiap peristiwa yang dianggap penting.
C. melakukan upacara keagamaan untuk memuja nenek moyang dan membuat alat-alat kehidupan berbahan dasar batu.
D. mendiami gua-gua yang ada di pesisir pantai untuk dijadikan sebagai rumah dan membuat alata-alat dari batu besar.
E. memilih pemimpin berdasarkan keturunan pemimpin sebelumnya dan sering melakukan perang antar suku.
Jawaban: B

6. Coba perhatikan gambar dan data berikut dengan saksama!


Gambar di atas merupakan salah satu sub ras yang terdapat di Indonesia yang diperkirakan memasuki kepulauan Nusantara sejak 1000 SM. Mereka dianggap sebagai penduduk paling awal di wilayah kepualauan Nusantara.
Berdasarkan gambar dan data diatas, sub ras tersebut adalah….
A. Proto Melayu.
B. Deutro Melayu.
C. Austronesia.
D. Melanesoid.
E. Melayu Muda.
Jawaban: D

7. India merupakan salah satu peradaban yang banyak meninggalkan pengaruhnya di Indonesia. Pengaruhnya dalam bidang sosial dapat dilihat dari... .
A. sistem kerajaan yang banyak dianut masyarakat, sehingga muncul kerajaan di Indonesia.
B. berkembangnya ajaran Hindu dan Budha di berbagai wilayah Indonesia.
C. tradisi ngaben yang biasa dilaksanakan oleh masyarakat Bali.
D. pemberlakuan kasta dalam kehidupan masyarakat Bali.
E. banyak bangunan di Indonesia yang dipengaruhi peradaban India.
Jawaban: D

8. Kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia, khususnya yang terletak di wilayah Jawa Tengah dapat hidup berdampingan dan mempunyai rasa toleransi tinggi. Hal ini terbukti dengan ….
A. rakyat bebas menganut agama dan kepercayaan yang diyakini.
B. adanya sistem kasta tidak menutup adanya kawin campur.
C. candi Hindu dibangun atas perintah Raja Sanjaya yang beragama Buddha.
D. candi Hindu dapat digunakan oleh warga beragama Buddha.
E. tidak pernah terjadi pertempuran antara kerajaan Hindu dan Buddha.
Jawaban: A

9. Sumber Kerajaan Tarumanegara yang lokasi penemuannya terletak di wilayah Provinsi Banten adalah …
A. Munjul
B. Tugu
C. Cindanghiang
D. Ciaruteun
E. Kebon Kopi
Jawaban: A

10. Perhatikan informasi-informasi di bawah ini!
1. banyak bermunculan pemberontakkan antara lain pemberontakkan Kuti.
2. terjadinya perang saudara antar anggota keluarga Majapahit yang dikenal dengan perang paregreg.
3. kemunculan kerajaan Demak yang didirikan oleh Rade Fatah.
4. terjadi perang saudara antara Mapaji Garasakan dan Samarawijaya.
5. perang yang terdadi antara kerajaan Sunda dengan kerajan Majapahit.

Berdasarkan informasi tersebut, mana yang merupakkan faktor penyebab keruntuhan Majapahit adalah....
A. 1, 2, dan 3.
B. 1, 2, dan 4.
C. 1, 3, dan 5.
D. 2, 3, dan 4.
E. 3, 4, dan 5.
Jawaban: A

Lanjut ke soal nomor 11-20 => Contoh Soal USBN Sejarah SMA dan Kunci Jawabannya Part-2
Lebih baru Lebih lama