Panduan Cara Menuliskan Alamat di Amplop Lamaran Kerja Yang Benar

Amplop lamaran kerja sering tidak menjadi perhatian utama para pelamar pekerjaan. Padahal amplop merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam mengirim surat lamaran pekerjaan. Hal ini dikarenakan hal pertama yang akan dilihat oleh pihak HRD adalah amplop yang membungkus surat lamaran. Selain itu, jika surat lamaran Anda dikirim melalui pos maka penulisan alamat harus benar. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara menuliskan alamat di amplop lamaran kerja yang benar.

amplop lamaran kerja tulis tangan,cara menulis alamat di amplop po box,cara menulis alamat di amplop surat pribadi,cara menulis alamat di amplop yang benar,penulisan alamat di amplop coklat,
Baca juga : Surat Lamaran Kerja

Cara menulis alamat di amplop yang benar untuk mengirim lamaran pekerjaan adalah dengan mencantumkan alamat tujuan dan pengirim pada bagian depan amplop. Selain itu, jika terdapat kode posisi jabatan yang akan dituju maka harus dicantumkan dalam amplop. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini cara menuliskan alamat di amplop lamaran kerja beserta letaknya:
  • Pojok kiri atas amplop

Bagian pojok kiri atas amplop ini merupakan bagian untuk menuliskan alamat dan nama pengirim atau pelamar. Tuliskan nama dan alamat Anda secara lengkap pada bagian pojok kiri atas amplop. Anda juga bisa menambahkan nomor telepon dalam alamat pengirim ini. Sebelum menuliskan alamat dan nama, Anda bisa menuliskan kata pengirim kemudian nama dan alamat pada bagian dibawahnya. Usahakan tulisan nama dan alamat pengirim ditulis dengan jelas dengan menggunakan EYD yang benar.
  • Pojok kanan bawah amplop

Pada bagian pojok kanan bawah amplop merupakan tempat untuk menuliskan alamat instansi atau perusahaan yang akan dilamar. Anda bisa menuliskan alamat dan nama instansi ini dari bagian tengah amplop. Usahakan dalam menulis alamat dan nama instansi ini menggunakan EYD yang benar. Selain itu, pastikan jika alamat dan nama instansi ditulis dengan benar. Hal ini sangat penting bagi Anda yang mengirimkan lamaran pekerjaan melalui pos. Salah dalam menuliskan alamat bisa berakibat fatal bagi Anda.
  • Pojok kanan atas amplop

Bagian pojok kanan atas amplop merupakan bagian untuk menuliskan kode jabatan atau posisi yang akan dilamar. Biasanya perusahaan sudah menentukan kode posisi atau jabatan ketika membuka lowongan pekerjaan. Nah, jika kode posisi atau jabatan sudah ditentukan, maka Anda harus menuliskannya dengan baik dan benar pada pojok kanan atas. Jika kode terdiri dari beberapa huruf saja, maka tuliskan dalam bentuk kapital yang besar sehingga mudah dikenali oleh pembaca.
Walaupun sepele, cara menuliskan alamat di amplop lamaran kerja ini harus tetap diperhatikan. Hal ini dikarenakan alamat pada amplop juga termasuk bagian penting dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Untuk menuliskan alamat pada amplop lamaran pekerjaan bisa dilakukan dengan menuliskan langsung menggunakan tangan ataupun menempelnya dengan kertas yang sudah dicetak. Namun sangat disarankan penulisan alamat pada amplop coklat lamaran pekerjaan menggunakan tulisan tangan.