Seluk Beluk Perbankan: Mengenal Cara Kerja Business Consultant

Business consultant adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, khususnya jasa konsultasi bisnis yang membantu Anda dalam mengambil keputusan-keputusan. Fokus utama business consultant utamanya adalah di sektor sistem akuntansi, akunting, audit, keuangan pajak dan perangkat lunak bidang akunting. Bagaimana cara kerja business consultant dalam melayani kebutuhan client? Simak ulasan berikut ini.

business consultant job description,cara kerja konsultan bisnis,cara menjadi konsultan bisnis,gaji business consultant,tugas dan tanggung jawab business consultant,
Baca juga : Cara Kerja Empowr

Secara umum ada beberapa jenis dan cara kerja business consultant yang umum ada di Indonesia. Sektor-sektor tersebut dapat dibedakan sebagai berikut: (1) bidang Internet dan Programming. Dalam hal ini business consultant tugasnya mengarahkan atau memberi pertimbangan iklan elektronik (e-commerce) maupun bisnis elektronik (e-business) yang ingin diterapkan pelanggan. (2) bidang strategi dan perencanaan. Konsultan bisnis dalam hal ini memberikan pertimbangan terkait dengan strategi yang sebaiknya diambil ketika memulai usaha atau pelebaran usaha. Selain itu, ada bidang konsultasi marketing dan perekrutan SDM.

Ada beberapa hal terkait cara kerja business consultant yang perlu Anda perhatikan.
  • Bekerja di belakang layar

Sebagai seorang konsultan, Anda tidak langsung terlibat dalam percaturan bisnis. Misalnya ketika perusahaan yang Anda berikan saran dan masukan sukses, nama mereka yang naik ke permukaan, sementara Anda tetap dibelakangnya. Pun jika merugi, Anda tidak secara langsung terekspos meskipun pastinya memiliki tanggung jawab moral atas apa yang terjadi.
  • Tidak selalu menurut pada keinginan klien

Konsultan berfungsi sebagai pemberi pertimbangan, untuk itu jangan selalu mengiyakan apa yang diinginkan klien. Justru seorang business consultant harus mampu memberikan sudut pandang alternatif sehingga klien dapat berpikir masak-masak sebelum memutuskan melakukan sesuatu. Untuk dapat melakukan hal tersebut seorang konsultan harus dapat menerapkan ilmu atau teori yang dipelajarinya dalam praktek sehari-hari di lapangan. Dengan kata lain, tidak bisa memberikan saran-saran yang teoritikal, tapi harus yang aplikatif dan sifatnya berpotensi untuk menyelesaikan masalah yang terjadi.
  • Sparring Partner Klien

Sebagai seorang konsultan, Anda adalah rekan klien Anda. Anda menguji rencananya, memberikan masukan, menganalisis dampak jangka panjangnya, peka terhadap pola-pola umum yang sudah pernah terjadi sebelumnya dan menyampaikannya kepada klien Anda tersebut. Untuk itu selain pintar dan handal dalam melihat jeli permasalahan yang terjadi, Anda juga sebaiknya memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sehingga klien Anda merasa tidak ragu untuk mengonsultasikannya masalahnya pada Anda. Seorang business consultant juga diharapkan mampu bersikap netral ketika ada klien-klien yang berkonflik.
Demikianlah beberapa fakta dan informasi menarik terkait dengan cara kerja business consultant yang dapat kami ulas dan rangkum untuk Anda. Dengan pertimbangan-pertimbangan ini, mudah-mudahan Anda yang ingin mencari jasa businesss consultant bisa lebih yakin dengan pilihan Anda. Selain itu, bagi Anda yang tertarik untuk menjadi business consultant juga agar menjadi terbuka wawasannya untuk mempersiapkan diri menjadi seorang konsultan yang baik.

Previous
Next Post »