Mengenal RCCB dan Cara Kerja RCCB

Residual Current Circuit Breaker atau yang lebih dikenal dengan RCCB merupakan salah satu jenis pemutus litar. RCCB juga sering disebut dengan pemutus litar bocor ke bumi. Cara kerja RCCB hampir seperti dengan pemutus litar lainnya. Pemutus litar pada hakikatnya adalah sejenis alat yang memiliki kemampuan untuk memutuskan bekalan yang dilakukan secara otomatis. Alat pemutus liar bisa bekerja menggunakan beberapa cara. Cara kerja yang pertama adalah dengan menggunakan magneto hidraulik. Cara kerja yang kedua adalah menggunakan terma dan yang terakhir menggunakan electromagnet.

cara pasang elcb 3 phase,cara pasang elcb schneider,cara pasang rcbo,elcb 3 phase,harga elcb,harga elcb schneider,rangkaian elcb,rccb schneider,
Baca juga : Relay 5 Kaki

Seperti dengan alat pemutus litar lainnya, RCCB juga memiliki beberapa kepekaan tertentu. Residual Current Circuit Breaker ini bisa dipasang dengan tidak lebih dari 100 A. Dulunya, perlindungan ke bumi dengan menggunakan RCCB lebih dikenal dengan nama ECLB atau kependekan dari Eart Leakage Circuit Breaker. Struktur yang terdapat dalam alat pemutus litar ini memiliki 5 bagian utama. Kelima bagian utama tersebut adalah suis uji, gelung pemutus litar, gelung pengimbang, teras besi tiroid, dan yang terakhir adalah suis pemutus litar. Nah, bagaimanakah cara kerjanya?

Inilah Cara Kerja RCCB yang Bisa Dipelajari

Banyak orang yang penasaran dan ingin tahu tentang bagaimana Cara Kerja RCCB. RCCB pada dasarnya merupakan alat yang memiliki fungsi sama dengan pemutus litar namun ditambah dengan PAB. Fungsinya sendiri sama dengan fungsi PAB. Alat ini bisa melindungi dari kesetrum akibat adanya arus yang bocor. Alat seperti RCCB maupun ELCB memiliki fungsi yang khusus yaitu untuk mendeteksi adanya kebocoran arus listrik yang bisa membuat manusia menjadi kesetrum. Untuk informasi bagi Anda bahwa RCCB tidak boleh dipasang dengan melebihi 6Ka.

Fungsi RCCB yang bisa mendeteksi adanya kebocoran membutuhkan beberapa perangkat seperti saklar dan pengaman arus bocor. Pemasangannya harus dilakukan dengan benar dan harus diperhatikan dengan sebaik-baiknya. Ketika terjadi kebocoran arus ke bumi, maka bagian medan elektromagnetik yang terdapat pada gelung pengimbang RCCB akan menghasilkan voltage yang ada pada gelung pemutus litar. Ketika arus yang bocor ke bumi tidak lebih dari sensitivitas dari RCCB tersebut, maka suis pemutus litar pada RCCB bisa memutuskan arus elektrik tersebut.

Contohnya saja RCCB yang memiliki kepekaan sebesar 0.3 A telah dipasang dalam sebuah rumah. Namun kebocoran yang terjadi ke bumi 0.4 A. Maka hal tersebut bisa menyebabkan RCCB bekerja tidak sesuai dengan kepekaan yang dimilikinya. Maka RCCB pun akan memutuskan elektrik tersebut karena melebihi bekalan dari RCCB tersebut. Itulah Cara Kerja RCCB beserta contohnya yang bisa menjadi informasi untuk Anda. Memilih dan memasang RCCB sekali lagi harus diperhatikan sebaik mungkin agar aman bagi penghuni rumah Anda.