Memahami Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Biogas Untuk Kebutuhan Rumahan

Cara kerja pembangkit listrik tenaga biogas bisa kita pelajari untuk membangun sumber listrik rumahan. Hal itu tentu akan sangat membantu untuk mengatasi krisis energi listrik nasional. Selain itu, membangun pembangkit listrik sendiri merupakan sebuah investasi jangka panjang yang akan sangat menguntungkan. Kita sadari atau tidak, saat ini tagihan listrik terus meningkat meskipun penggunaan energi listrik PLN yang kita konsumsi tidak berubah. Hal tersebut karena pencabutan subsidi listrik dan harga tarif dasar listrik yang semakin tinggi. 

cara mengubah biogas menjadi listrik,kelebihan dan kekurangan pembangkit listrik tenaga biogas,makalah pembangkit listrik tenaga biogas,pembangkit listrik biogas dari kotoran sapi,
Baca juga : Listrik Tenaga Surya

Untuk dapat membangun pembangkit listrik tenaga biogas, terlebih dahulu kita harus mengetahui mekanisme pembangkit listrik tenaga biogas yang akan kita bangun. Secara sederhana, untuk membangun pembangkit listrik sederhana kita memerlukan 2 hal, yaitu generator yang menghasilkan listrik dan mesin yang menggerakkan generator tersebut. Berikut ini penjelasan singkat mengenai piranti yang dibutuhkan untuk membangun pembangkit listrik.

Generator Pembangkit Listrik

Kita mengenal generator dengan banyak nama, namun nama yang paling populer di kalangan masyarakat adalah “Genset”. Genset merupakan generator yang telah satu paket dengan mesin penggeraknya. Mesin penggerak biasanya berbahan bakar solar maupun bensin. Generator sendiri biasanya adalah sebuah dinamo dengan kapasitas tertentu yang bisa menghasilkan listrik. Dengan setting tertentu, kita bisa mendapatkan dinamo DC dan dinamo AC.

Untuk kebutuhan rumahan, kita biasanya akan memerlukan dinamo AC yang menghasilkan listrik sesuai dengan kebutuhan rumah tangga. Listrik yang dihasilkan akan sama dengan listrik PLN. Biasanya, tegangan yang dihasilkan telah disetting untuk menghasilkan voltase antara 110 volt hingga 250 volt. Untuk membangun pembangkit listrik tenaga biogas, kita bisa menambahkan mesin yang menggunakan tenaga gas untuk mengoperasionalkannya.
  • Mesin penggerak generator

Untuk menggerakkan dinamo yang kita miliki, kita bisa menggunakan mesin bertenaga gas. Mesin bertenaga gas, pada dasarnya hampir sama dengan mesin yang bertenaga bensin. Perbedaan yang paling mencolok hanya pada bahan bakar saja. Cara kerja pembangkit listrik tenaga biogas yang akan kita bangun sangat sederhana. Yaitu ketika mesin dinyalakan maka akan memutar generator atau dinamo dan bisa menghasilkan listrik.
  • Reaktor biogas

Meskipun saat ini biogas telah bisa dimasukkan ke dalam tabung dan di jual, namun untuk lebih hemat, kita bisa membangun reaktor biogas kita sendiri. Kita bisa menghubungkan secara langsung reaktor biogas yang kita buat dengan mesin genset bertenaga gas yang kita miliki. Selain merupakan investasi yang menguntungkan, pembuatan reaktor biogas juga sangat ramah lingkungan.
Cara kerja pembangkit listrik tenaga biogas bisa dikatakan cukup sederhana. Untuk skala rumahan, kita bisa membangun dengan budget minim. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan modifikasi yang optimal pada mesin yang ada. Kita bisa menggunakan mesin mobil maupun motor yang bertenaga bensin kemudian melakukan sedikit modifikasi agar pas digunakan dengan bahan bakar gas. Dengan cara tersebut, tentu kita akan mendapatkan listrik dengan harga yang cukup murah.

Baca Juga : Harga Tv Polytron

Previous
Next Post »