Berbagai Fungsi dan Cara Kerja Exhaust Fan

Exhaust fan dikenal juga dengan nama kipas penyedot atau kipas pembuang udara. Hal itu karena cara kerja exhaust fan yang menarik dan memindahkan udara yang ada. Hal ini berbeda dengan cara kerja kipas angin biasa yang digunakan untuk menggerakkan udara di dalam maupun diluar ruangan. Exhaust fan yang sering kita jumpai adalah kipas penyedot yang biasanya ada di dapur. Selain untuk keperluan rumah tangga, exhaust fan juga digunakan dalam bidang lainya, seperti mekanika dan industri.

blower kamar tidur,cara memasang exhaust fan panasonic,cara membuat exhaust fan sendiri,fungsi exhaust fan di kamar mandi,harga exhaust ruangan,kipas exhaust dapur,kipas exhaust kecil,
Baca juga : Google Cardboard

Karena memiliki fungsi dan bentuk yang beragam, maka jenis kipas ini memiliki kapasitas yang berbeda beda sesuai dengan penggunaannya. Spesifikasi exhaust fan yang digunakan pada rumah tangga dan keperluan lainnya tentu akan berbeda. Hal ini biasanya akan dipengaruhi oleh beban kerja exhaust fan itu sendiri. Semakin tinggi beban kerja, maka kapasitas kipas akan semakin besar. Beban kerja dan fungsi exhaust fan biasanya akan digolongkan ke dalam beberapa tugas utama sebagai berikut.
  • Membuang udara

Salah satu contoh alat yang bekerja membuang udara adalah exhaust fan yang biasanya ada di dapur. Kipas ini berfungsi sebagai penyedot udara di dapur pada saat masak. Hal ini dilakukan hingga bau masakan tidak menyebar ke seluruh ruangan. Karena itu, kipas disarankan untuk diletakkan disekitar kompor yang digunakan untuk memasak. Penggunaan kipas ini biasanya hanya dilakukan pada saat memasak saja, hingga akan lebih hemat listrik.
  • Membuang panas

Fungsi lain dari exhaust fan adalah untuk membuang panas yang ada pada ruangan. Kipas jenis ini biasanya ada di pabrik yang mempekerjakan banyak orang dan menggunakan berbagai peralatan berat. Panas yang ditimbulkan oleh mesin maupun manusia akan disedot keluar ruangan menggunakan kipas ini. Cara kerja exhaust fan ini akan efektif untuk mengendalikan suhu ruangan.
  • Sirkulasi udara

Fungsi lain dari exhaust fan adalah untuk sirkulasi udara dimana pergantian udara akan sangat baik untuk mengatur kelembaban. Dengan sirkulasi udara yang baik, maka diharapkan ruang akan bisa digunakan dengan baik. Fungsi ini juga sangat baik digunakan pada ruang penyimpanan atau gudang. Dengan sirkulasi yang baik, maka kelembaban yang bisa merusak stok barang bisa diatasi. Model dan kapasitas yang ada akan membuat harga exhaust fan sangat bervariasi.
Penggunaan exhaust fan pada berbagai bidang akan menggunakan prinsip dan fungsi yang sama. Cara kerja exhaust fan yang bekerja pada mobil, komputer, maupun perangkat lainnya juga menggunakan fungsi tersebut. Penggunaan perangkat ini, sangat disarankan sesuai dengan petunjuk pemasangan yang ada. Apabila perangkat ini dipasang terbalik secara tidak sengaja, maka akan tidak berfungsi dengan baik. Selain itu, penggunaan yang salah akan berbahaya untuk pengguna itu sendiri.